Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Mind Maps dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Pengukuran Listrik Kelas X SMK N 5 Padang

Azhari, Fauzan (2013) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Mind Maps dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Pengukuran Listrik Kelas X SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_FAUZAN_ AZHARI_87724_3752_2013.pdf] Text
B1_04_FAUZAN_ AZHARI_87724_3752_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang di bawah
KKM pada mata pelajaran Pengukuran Listrik. Hal ini dapat terjadi akibat siswa
kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, siswa terbiasa untuk datang,
duduk, mendengar dan mencatat kemudian menghafal materi tanpa berusaha
menggali informasi dan memikirkan tentang materi pembelajaran yang lebih
mendalam. Dalam penelitian ini diterapkan metode pembelajaran aktif tipe mind
maps dan metode ceramah. Kedua metode pembelajaran ini sama-sama memiliki
kelebihan dan kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbedaan
hasil belajar siswa dengan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Mind Maps dan
Metode Ceramah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment. Sampel
penelitian adalah siswa kelas XL2 dan siswa XL3 yang terdaftar pada tahun ajaran
2012/2013, dimana kelas Eksperimen adalah kelas XL2 menggunakan
pembelajaran Aktif Tipe Mind Maps, dan kelas Kontrol adalah kelas XL3
menggunakan metode Ceramah. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan posttest (tes hasil belajar) berupa soal objektif sebanyak 30 butir
soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua ratarata.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata
nilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis
diperoleh t-hitung 4,0007 lebih besar dari pada t-tabel 1,671. Dengan demikian,
hipotesis yang berbunyi terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
siswa dengan metode pembelajaran aktif tipe mind maps dan metode ceramah
dalam mata pelajaran Pengukuran Listrik kelas X di SMK N 5 Padang, diterima
pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada
pembelajaran Aktif Tipe Mind Maps siswa dibimbing untuk lebih aktif dalam
pembelajaran sekaligus mengembangkan ide-ide mereka sendiri. Oleh kerna itu,
untuk hasil belajar yang lebih baik maka disarankan untuk menerapkan
pembelajaran aktif tipe mind maps

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 27 Aug 2025 08:13
Last Modified: 27 Aug 2025 08:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22866

Actions (login required)

View Item
View Item