Persepsi Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika di Jurusan Teknik OtomPersepsi Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika di Jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padangotif Universitas Negeri Padang

Akmal, Rio (2012) Persepsi Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika di Jurusan Teknik OtomPersepsi Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika di Jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padangotif Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_RIO_AKMAL_74222_521_2012.pdf] Text
final_B1_09_RIO_AKMAL_74222_521_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari kenyataan tingginya jumlah mahasiswa yang
mendapatkan nilai rendah. Padahal jika dilihat dari kehadiran rata-rata mahasiswa
hadir dalam setiap perkuliahan. Maka persepsi mahasiswa terhadap proses belajar
menhajar perlu diketahui sebagai informasi hasil untuk evaluasi. Pertanyaan dari
penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa terhadap proses belajar
mengajar pada Mata kuliah Listrik dan Elektronika di Jurusan Teknik Otomotif
Universitas Negeri Padang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan
persepsi mahasiswa. Populasi penelitian adalah keseluruhan mahasiswa Teknik
otomotif yang kuliah Listrik dan Elektronik Semester Juli - Desember 2011(212
mahasiswa). Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dimana
diperoleh sampel yaitu 68 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan angket
jenis tidak langsung dengan skala likert. Data yang diperoleh dideskripsikan dan
dianalisis dengan menghitung persentase ditribusi frekuensi dan skor yang
diperoleh. Kemudian diinterpretasikan skor tersebut ke dalam kriteria tidak baik
(0% – 20%), kurang baik (21% – 40%), cukup baik (41% – 60%), baik (61% –
80%), atau sangat baik (81% – 100%).
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase persepsi mahasiswa,
5,5% mahasiswa menjawab tidak pernah, 25,1% menjawab jarang, 55,1% sering,
14,4% selalu dan rata-rata persentase skor persepsi mahasiswa yang diperoleh
adalah 70,06% (rentang 61% - 80%) dengan interpretasi skor adalah baik. Maka
disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap proses belajar mengajar pada
Mata kuliah Listrik dan Elektronika di Jurusan Teknik Otomotif Universitas
Negeri Padang adalah baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif-D3
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 27 Aug 2025 08:12
Last Modified: 27 Aug 2025 08:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22856

Actions (login required)

View Item
View Item