Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas VIII-2 dalam Bernyanyi Melalui Metode Drill dengan Menggunakan Media Audio Visual di SMP Negeri 18 Padang

Tirrahmah, Fadhilla (2013) Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas VIII-2 dalam Bernyanyi Melalui Metode Drill dengan Menggunakan Media Audio Visual di SMP Negeri 18 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FADHILLA_TIRRAHMAH_12475_3964_2013.pdf] Text
final_B1_6_FADHILLA_TIRRAHMAH_12475_3964_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang penulis hadapi di sekolah
bahwa hasil tes kemampuan siswa dalam membaca notasi balok pada
pembelajaran menyanyikan lagu nusantara di kelas VIII-2 masih belum mencapai
KKM (75). Salah satu media yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mengatasi
masalah tersebut adalah dengan menggunakan media audio visual. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual
dapat meningkatkan kemampuan siswa di kelas VIII-2 dalam menyanyikan lagu
nusantara di SMP Negeri 18 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
melaksanakan tindakan II siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 SMP
Negeri 18 Padang tahun pelajaran 2012-2013. Kemampuan bernyanyi dengan
membaca notasi balok dianggap perlu karena materi ini diperlukan untuk materi
musik selanjutnya. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian tindakan kelas
dengan menguji pembelajaran notasi balok dengan menggunakan media audio
visual. Kemudian siswa mengaplikasikan notasi balok dalam kegiatan
menyanyikan lagu nusantara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan membaca
notasi balok siswa kelas VIII-2 dengan menggunakan media audio visual menuai
keberhasilan. Peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata kelas pada tahap pra
siklus sebesar 68,375 telah meningkat pada siklus I menjadi 75, 375. Selanjutnya
rata-rata kelas semakin meningkat pada siklus II menjadi 82,25. Maka dari itu,
media audio visual merupakan media yang tepat digunakan sebagai alat bantu
siswa dalam bernyanyi dengan membaca notasi balok. Kemampuan siswa dalam
membaca notasi balok merupakan dasar pembelajaran musik untuk materi
selanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:32
Last Modified: 27 Aug 2025 02:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22835

Actions (login required)

View Item
View Item