Pengaruh Penggunaan Elektroliser Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Ketebalan Asap Pada Motor Diesel Daihatsu

Fathani, Rijalul (2016) Pengaruh Penggunaan Elektroliser Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Ketebalan Asap Pada Motor Diesel Daihatsu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_RIJALUL FATHANI_1307317_1119_2016.pdf] Text
final_B1_09_RIJALUL FATHANI_1307317_1119_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Motor diesel merupakan sistem penggerak utama yang banyak digunakan
baik untuk sistem transportasi maupun penggerak stasioner. Motor diesel
memiliki problem khusus yang berhubungan dengan pencemaran lingkungan
salah satunya asap (jelaga). Selain permasalahan pencemaran udara, konsumsi
bahan bakar pada mobil Daihatsu Taft Hiline lebih boros jika dibandingkan
dengan mesin diesel yang lain. Oleh sebab itu, diperlukan suatu penelitian pada
Motor Diesel Daihatsu Taft Hiline sehingga dari penelitian tersebut dapat
menurunkan konsumsi bahan bakar dan mengurangi ketebalan asap.
Salah satu cara untuk menurunkan konsumsi bahan bakar dan menekan
ketebalan asap adalah dengan mengalirkan gas hidrogen ke dalam ruang bakar
melalui air filter. Hidrogen ini diproduksi oleh elektroliser, prinsipnya ialah
pemisahan melekul air (H2O) menjadi gas hidrogen dan oksigen murni melalui
proses elektrolisasi. Gas hidrogen ini yang digunakan untuk menyempurnakan
hasil pembakaran pada bahan bakar kendaraan. Sehingga konsumsi bahan bakar
bisa ditekan dan ketebalan asap yang ditimbulkan bisa dikurangi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian
dilakukan pada tanggal 14 sampai 15 Januari 2016, dengan menggunakan mobil
Daihatsu Taft Hiline, untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan pada
putaran 650 RPM, 2100 RPM, dan 3100 RPM. Untuk pegujian ketebalan asap
dilakukan pada akselerasi 2900 – 3100 RPM. Sebagai pembanding terlebih dahulu
dilakukan pengujian mobil Daihatsu Taft Hiline tanpa perlakuan kemudian
dilanjutkan ke mobil yang dipasang elektroliser. Dari hasil penelitian
menggunakan elektroliser menunjukkan adanya penurunan konsumsi bahan bakar
pada putaran 650 RPM sebesar 14,70%, pada putaran 2100 sebesar 34,89% dan
pada putaran 3100 sebesar 30,69%. Sedangkan pada ketebalan asap terjadi
penurunan rata-rata sebesar 44,98%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ELEKTROLISER, HIDROGEN, KONSUMSI BAHAN BAKAR, KETEBALAN ASAP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 26 Aug 2025 04:39
Last Modified: 26 Aug 2025 04:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22718

Actions (login required)

View Item
View Item