Ridwan, Ridwan (2017) Pengaruh Penggunaan Turbo Cyclone Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Kandugan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Yamaha Mio Soul. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_RIDWAN_55637_3478_2017.pdf [thumbnail of final_B1_09_RIDWAN_55637_3478_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_RIDWAN_55637_3478_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi otomotif
yang barkembang pesat. Meningkatnya kebutuhan masyarakat pada kendaraan
bermotor mempunyi dampak yang cukup serius,diantaranya pencemaran
lingkungan dan semakin menipisnya persediaan bahan bakar minyak.hal ini
membuat banyak orang semakin kreatif dalam berupaya mengembakan alat untuk
menghemat bahan bakar dan menurunkan emisi gas buang. Salah satunya adalah
Turbo Cyclone berfungsi untuk membuat aliran udara yang akan masuk kedalam
karburator dan silinder ruang bakar menjadi berputar / swirling, sehingga dapat
membantu proses pencampuran bahan bakar dan udara menjadi homogen,dan
dapat mengurangi kandungan gas berbahaya seperti CO dan HC pada emisi gas
buang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
penggunaan Turbo Cyclone terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang
pada sepeda motor.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen posstest only
control design bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari
penggunaan Turbo Cyclone terhadap konsumsi bahan bakar dan kandungan emisi
gas buang. Data hasil penilitian akan diolah dengan menggunakan uji statistik.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari
penggunaan Turbo Cyclone. pada putaran mesin menghasilkan konsumsi bahan
bakar dan emisi gas buang yang lebih rendah terutama emisi gas buang Co,
Konsumsi bahan bakar pada 1500 rpm turun 7.234% pada putaran 2000 turun
19.692% dan pada 2500 rpm turun 13.81%. Sedangkan Emisi gas buang CO pada
putaran 1500 rpm sebsar 59.714% , CO pada 2000 rpm sebesar 3.192% dan pada
2500 rpm sebesar 12.443%. Emisi gas buang HC pada putaran 1500 rpm turun
6.571% HC pada 2000 rpm Mengalami peningkatan sebesar 1.413%, HC pada
2500 rpm 8.257% lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TURBO CYCLONE, KONSUMSI BAHAN BAKAR, EMISI GAS BUANG |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 03:24 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 03:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22689 |