Alfajri, Ridho Ahmad (2018) Pengaruh Variasi Sudut Bilah Turbulator Pada Intake Manifold Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor Empat Langkah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_RIDHO_AHMAD_ALFAJRI_1302720_1103_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_RIDHO_AHMAD_ALFAJRI_1302720_1103_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_RIDHO_AHMAD_ALFAJRI_1302720_1103_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Sepeda motor merupakan alat transportasi yang banyak digunakan di
Indonesia pada saat ini. Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang
digerakkan oleh sebuah motor bakar. Motor bakar merupakan suatu mesin yang
mengubah energi termal menjadi energi mekanik. Daya dan torsi merupakan salah
satu parameter yang selalu dipertahankan dalam memproduksi sepeda motor.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyempurnakan daya dan torsi
adalah dengan menyempurnakan proses pembakaran dengan memasangkan
turbulator pada intake manifold yang bertujuan menghasilkan pusaran udara
masuk ke dalam ruang bakar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen untuk
mengungkap pengaruh pemanasan bahan bakar terhadap torsi dan daya sepeda
motor Honda Vario Techno 125 PGM FI dengan menggunakan alat dyno test.
Pengujian ini dilakukan pada sepeda motor standar tanpa pemasangan turbulator
dan dengan pemasanagan turbulator. Pengujian torsi dan daya dilakukan sebanyak
3 kali dan data yang diambil pada setiap sampel yang ada pada grafik, kemudian
dirata-ratakan dan dibandingkan untuk mengetahui pengaruh pemasangan variasi
sudut bilah turbultor pada intake manifold terhadap daya dan torsi sepeda motor
empat langkah.
Berdasarkan penelitian dan analisis data dari hasil penelitian yang telah
dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan turbulator pada
intake manifold dengan sudut bilah 25° mengalami penurunan daya sebesar 22 %
dan torsi sebesar 9 %. Penggunaan turbulator pada intake manifold dengan sudut
bilah 40 ° mengalami peningkatan daya sebesar 12% dan torsi sebesar 3%.
Penggunaan turbulator pada intake manifold dengan sudut bilah 55° mengalami
penurunan daya sebesar 9% dan torsi sebesar 7%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TURBOLATOR, INTAKE MANIFOLD, DAYA DAN TORSI |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 03:23 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 03:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22686 |