Penerapan Cooperative Learning Type Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Pada Kelas XI TKR di SMK N 1 Sumbar

Agustian, Ridho (2018) Penerapan Cooperative Learning Type Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Pada Kelas XI TKR di SMK N 1 Sumbar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_RIDHO_AGUSTIAN_1302724_252_2018.pdf] Text
final_B1_09_RIDHO_AGUSTIAN_1302724_252_2018.pdf

Download (624kB)

Abstract

Melalui Cooperatif Learning tipe TGT pembelajaran menjadi lebih baik,
melibatkan siswa dalam kelompok dan belajar untuk satu sama lain serta dapat
membantu siswa dalam memperbaiki asil belajar menjadi lebih baik lagi sesuai
dengan ketentuan kriteria ketuntasan dari sekolah. Belajar mengandung perubahan
tingkah laku pada diri individu dengan lingkungan dan peningkatan mutu
pendidikan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran system
bahan bakar kelas XI TKR1 di SMK N 1 Sumbar. Penelitian ini berlangsung
dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu: perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebelum melaksanakan siklus I,
dan II terdapat tahap pra siklus yang berguna untuk mengetahui hasil dan metode
belajar siswa. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI TKR1 SMK Negeri 1
Sumbar. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar penilaian hasil belajar
siswa. Data kuantitatif yang didapatkan kemudian dianalisis dengan statistika
deskriptif.
Hasil penelitian tindakan kelas siklus I menunjukkan: 1. Siswa yang aktif
menjawab soal pada bahan ajar yaitu 59,5% (cukup), 2. Siswa yang aktif
mengajukan pertanyaan rata-rata yaitu 43,9% (cukup), 3. Siswa yang aktif
menjawab pertanyaan rata-rata yaitu 64,3% (cukup), 4. Siswa yang aktif
mengemukakan pendapat yaitu 34,5% (rendah), 5. Membuat kesimpulan rata-rata
51,1% (cukup). Adapun pada siklus II menunjukkan: 1. Siswa yang aktif
menjawab soal bahan ajar rata-rata 83,3 % (sangat tinggi), 2. Siswa yang aktif
mengajukan pertanyaan rata-rata 61,8 % (tinggi), 3. Siswa yang aktif menjawab
pertanyaan rata-rata 88 % (tinggi), 4. Siswa yang aktif mengemukakan pendapat
63 % (tinggi), 5. Membuat kesimpulan rata-rata 85,6 % (sangat tinggi).
Secara keseluruhan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan aktivitas
siswa pada siklus II. Selanjutnya peningkatan pada hasil belajar yaitu pada pra
siklus rata-rata nilai siswa 63,39 siswa yang tuntas 28,57% pada siklus 1
meningkat dengan rata-rata nilai siswa 67,53 siswa yang tuntas meningkat
menjadi 37,71%, selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata
nilai siswa 80,92% siswa yang tuntas menjadi 67,85%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT), HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:20
Last Modified: 26 Aug 2025 03:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22679

Actions (login required)

View Item
View Item