Ferdian, Rhendie Irma (2017) Hubungan Cara Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Service Engine Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_RHENDIE_IRMA_FERDIAN_55655_4446_2017.pdf [thumbnail of final_B1_09_RHENDIE_IRMA_FERDIAN_55655_4446_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_RHENDIE_IRMA_FERDIAN_55655_4446_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Setiap siswa mempunyai cara belajar yang berbeda–beda dalam memahami materi
pelajaran, hal ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa juga akan
berbeda. Kenyataan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa masih banyak
dibawah nilai standar kompetensi yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengungkap hubungan cara belajar siswa Kelas XII Jurusan Teknik
Kendaraan Ringan dengan hasil belajar Kompetensi Sevice Engine.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada
tidaknya hubungan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa pada kompetensi
service engine kelas XII teknik kendaraan ringan. Populasi pada penelitian ini
sebanyak 39 orang dan sampel sebanyak 35 orang siswa yang di ambil dari
populasi dengan menggunakan rumus slovin dan proposional random sampling.
Data cara belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket, sedangkan data hasil
belajar kompetensi service engine kelas XII diperoleh dari hasil belajar semester
genap. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk
menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji menggunakan uji t sehingga
akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,989
> 0,334) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (39,202 > 1,692)
pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar terhadap hasil belajar
pada kompetensi service engine siswa kelas XII teknik kendaraan ringan SMK
Muhammadiyah 1 Padang. Serta tingkat kekuatan hubungan signifikan cara
belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada kompetensi service engine kelas XII
teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang sebesar (r = 0,989).
Dimana tingkat hubungan tersebut cukup kuat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CARA BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 02:09 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 02:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22665 |