Penggunaan Strategi Active Learning Tipe Permainan Bingo pada Materi Minyak Bumi Kelas X di SMA Negeri 1 Enam Lingkung

Wahyuni, Ririn (2012) Penggunaan Strategi Active Learning Tipe Permainan Bingo pada Materi Minyak Bumi Kelas X di SMA Negeri 1 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_RIRIN WAHYUNI_05099.pdf] Text
final_B1_8_RIRIN WAHYUNI_05099.pdf

Download (740kB)

Abstract

Kimia adalah salah satu mata pelajaran yang dipelajari di SMA. Salah satu
materi pembelajaran kimia yaitu materi pembelajaran minyak bumi. Materi
pembelajaran minyak bumi mempunyai karakteristik yaitu materi pembelajaran
yang memerlukan pemahaman untuk mempelajarinya. Karena pada materi minyak
bumi tidak terdapat praktikum ataupun percobaan yang bisa dilakukan siswa
untuk bisa membantu siswa memahami dan untuk memahaminya siswa harus
membaca materi pembelajaran minyak bumi, sehingga siswa kurang tertarik untuk
mempelajari minyak bumi. Untuk mengatasinya dapat dipilih strategi, salah satu
strategi yang dapat digunakan yaitu strategi active learning tipe permainan bingo.
Permainan bingo ini dilakukan agar membuat siswa lebih menaruh perhatian
terhadap pembelajaran, dan membuat pembelajaran menjadi tidak menjemukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penggunaan strategi active
learning tipe permainan bingo terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi
minyak bumi di SMAN 1 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only
Design. Sampel penelitian diambil dari populasi yang terdistribusi normal dan
homogen yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 sebagai kelas
kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil belajar siswa
kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilihat dari nilai tes akhir. Dari nilai tes
akhir, didapatkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi
yaitu 77,20 dibandingkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol yaitu 65,00.
Untuk membuktikan apakah terdapat perbedaan dari kedua kelas sampel maka
dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t karena
kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis
didapatkan bahwa nilai t hitung berada diluar daerah penerimaan Ho, thitung=4,8032
dan ttabel=2,00. Ini berarti pada taraf nyata, penelitian memperlihatkan bahwa
terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang
menggunakan strategi active learning tipe permainan bingo dan yang tanpa
menggunakan strategi active learning tipe permainan bingo pada materi minyak
bumi di SMA Negeri 1 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI ACTIVE LEARNING
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2025 09:16
Last Modified: 25 Aug 2025 09:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22633

Actions (login required)

View Item
View Item