Firdaus, Randi Maulana (2018) Hubungan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Kelas XI TKR di SMK N 1 Sumbar Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_RANDI_MAULANA_FIRDAUS_1102452_1115_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_RANDI_MAULANA_FIRDAUS_1102452_1115_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_RANDI_MAULANA_FIRDAUS_1102452_1115_2018.pdf
Download (675kB)
Abstract
Motivasi berprestasi adalah salah satu faktor dari dalam diri siswa yang
dapat mempengaruhi sikap didalam mengikuti sebuah proses pembelajaran.
Motivasi berprestasi yang dimiliki seorang siswa akan menentukan prestasi
belajarnya. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh motivasi berprestasi dan
seberapa kuat hubungannya terhadap prestasi belajar maka penulis merumuskan
masalah didalam suatu hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai
berikut : “Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengapian kelas XI TKR di
SMK N 1 Sumbar Padang”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran sistem pengapian. Populasi berjumlah 58 orang. Sampel
didalam penelitian ini adalah 37 orang. Jadi untuk menentukan besar sampel dari
populasi, peneliti mengambil persentase tertinggi yakni 10%, dengan harapan
untuk mendapatkan data yang lebih baik. Data tentang motivasi berprestasi
diperoleh dari penyebaran angket, sedangkan data prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran sistem pengapian diperoleh dari nilai ujian akhir semester TA
2017/2018. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment dan untuk menguji
keberartian koefisien korelasi r, dapat diuji dengan menggunakan uji t sehingga
akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh data koefisien korelasi yaitu
rhitung (0,382) > rtabel (0,325) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi
didapat thitung (2,443) > ttabel (1,684), pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa “terdapat hubungan yang berarti dan signifikan antara
motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem
pengapian kelas XI TKR di SMK N 1 Sumbar Padang”.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 08:32 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 08:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22599 |