Akbar, Rahmatul (2016) Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Diklat Pemeliharaan Chasis di SMK Kartika I-1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_RAHMATUL_AKBAR1102962_1045_2016.pdf [thumbnail of final_B1_09_RAHMATUL_AKBAR1102962_1045_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_RAHMATUL_AKBAR1102962_1045_2016.pdf
Download (792kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masalah masih kurangnya disiplin belajar siswa
dalam proses belajar mengajar serta belum optimalnya hasil belajar mata pelajaran Chasis
pada UAS semester ganjil 2015/2016, dimana hasil belajar yang diperoleh masih banyak
dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata
pelajaran pemeliharaan Chasis yaitu 80 dengan rentang nilai 0 - 100. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan disiplin belajar terhadap hasil
belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan pada mata diklat Pemeliharaan Chasis di
SMK Kartika I-1 Padang. Penulis berasumsi bahwa terdapat hubungan disiplin belajar
terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdaftar aktif di Jurusan Teknik
Otomotif Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Kartika I-1 Padang
berjumlah 58 orang dan sampel diambil dari teknik simple random sampling pengambilan
dilakukan dengan cara undian atau acak sehingga sampel yang diperoleh menjadi 37
orang. Data yang digunakan berupa angket model skala likert yang telah diuji validitas
dan reabilitasnya, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari guru Mata Pelajaran
Pemeliharaan Chasis. Data yang dikumpulkan tersebut dianalisis secara statistik dengan
bantuan program microsoft excel 2007 for windows. Berdasarkan hasil data penelitian
diperoleh tingkat pencapaian disiplin belajar sebesar 66,08% tergolong pencapaian cukup,
sedangkan hasil belajar 74,43% tergolong pencapain cukup. Koefesien korelasi antara
disiplin belajar dengan hasil belajar yaitu rxy hitung > r tabel (0,553>0,325) tergolong
dalam tingkat hubungan yang cukup kuat dan uji keberartian korelasi didapat thitung >ttabel
(7,101>2,030) pada taraf signifikan 5%. Artinya dapat dikatakan bahwa disiplin belajar
memberikan hubungan yang berarti dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sehingga
hipotesis Ha diterima sedangkan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 08:31 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 08:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22595 |