Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian Berbasis Software Lectora Inspire pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Sekolah Menengah Kejuruan.

Nofianto, Rahmat (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian Berbasis Software Lectora Inspire pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Sekolah Menengah Kejuruan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_RAHMAT_NOFIANTO_1302753410_2018.pdf] Text
final_B1_09_RAHMAT_NOFIANTO_1302753410_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif untuk
mata pelajaran memperbaiki sistem starter dan pengisian berbasis Software
Lectora Inspire pada Program keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Sekolah
Menengah Kejuruan. Adapun latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan
observasi dan wawancara yang dilaksanakan pada siswa dan guru kelas XII
Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang, diketahui bahwa
belum ada suatu media yang dapat mendukung siswa untuk melakukan
pembelajaran dan mengevaluasi kemampuan penguasaan materi ajar secara
mandiri.
Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan
atau Research and Development (R & D), dengan prosedur pengembangan model
ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, dan Evaluation)
yang diadopsi dari Lee & Owens (2004). Untuk mengetahui tingkat kelayakan
produk, pada penelitian ini dilakukan uji validitas dan praktikalitas. Uji validitas
dilakukan oleh dua orang dosen ahli materi dan dua orang dosen ahli media. Uji
praktikalitas dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Padang padsa siswa kelas XII
Teknik Kendaraan Ringan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, penilaian akhir produk media
pembelajaran interaktif pada aspek kelayakan materi memperoleh rerata total skor
4,6 dengan kategori “sangat baik” sebagai media pembelajaran. Aspek kelayakan
media memperoleh rerata total skor 4,8 dengan kategori “sangat baik” sebagai
media pembelajaran dan tingkat praktikalitas media interaktif sebesar 89,46%
dengan kategori “praktis” sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, SOFTWARE LECTORA INSPIRE, ADDIE, VALIDITAS, PRAKTIKALITAS
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2025 08:31
Last Modified: 25 Aug 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22591

Actions (login required)

View Item
View Item