Perbandingan Penggunaan Bahan Bakar Liquified Petroleum Gas (LPG) Dengan Bahan Bakar Bensin Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang CO dan HC Pada Sepeda Motor Vario Techno 110 CC Tahun 2011

Hidayat, Rahman (2016) Perbandingan Penggunaan Bahan Bakar Liquified Petroleum Gas (LPG) Dengan Bahan Bakar Bensin Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang CO dan HC Pada Sepeda Motor Vario Techno 110 CC Tahun 2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_RAHMAN_HIDAYAT_13833_378_2017.pdf] Text
final_B1_09_RAHMAN_HIDAYAT_13833_378_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbandingan penggunaan
bahan bakar liquified petroleum gas dengan bahan bakar bensin terhadap
konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor vario
techno 110 CC tahun 2011. Penelitian tersebut dirumuskan masalah seberapa
besar perbandingan penggunaan bahan bakar liquified petroleum gas dengan
bahan bakar bensin terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO dan
HC pada sepeda motor vario techno 110 CC tahun 2011. Hipotesis penelitian ini
adalah terdapat perbandingan yang signifikan dalam penggunaan bahan bakar
liquified petroleum gas dengan bahan bakar bensin terhadap konsumsi bahan
bakar dan emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor vario techno 110 CC
tahun 2011.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian
dilakukan tanggal 28 Oktober 2015 menggunakan sepeda motor Vario Techno.
Pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan pada putaran 1700 rpm, 2700 rpm,
dan 3700 rpm, sedangkan Pengujian emisi gas buang dilakukan pada putaran 1700
rpm, 2100 rpm, dan 2500 rpm. Pengujian dilakukan dengan dua pengujian, yaitu
pengujian standar dan pengujian eksperimen menggunakan bahan bakar LPG pada
sepeda motor Vario Techno 110 CC.
Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat konsumsi bahan bakar terjadi
penurunan yang signifikan. Penurunan yang terjadi yaitu sebesar 16,13% pada
putaran 1700 rpm, 13,22% pada putaran 3700 rpm kecuali pada putaran 2700 rpm
sebesar 6,38%. Pada gas CO dan HC juga terjadi penurunan yang signifikan saat
pemakaian gas LPG. Untuk gas CO penurunannya sebesar 69,44% pada putaran
1700 rpm, 62,96% pada putaran 2100 rpm dan 59,09% pada putaran 2500 rpm.
Sedangkan untuk gas HC penurunannya sebesar 74,06% pada putaran 1700 rpm,
26,29% pada putaran 2100 rpm dan 28,66% pada putaran 2500 rpm.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GAS LPG, BENSIN, KONSUMSI BAHAN BAKAR, EMISI GAS BUANG CO DAN HC, SEPEDA MOTOR TECHMO 110 CC TAHUN 2021
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2025 05:16
Last Modified: 25 Aug 2025 05:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22581

Actions (login required)

View Item
View Item