Nazif, Rahmad (2017) Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Siswa Kelas XII Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_RAHMAD_NAZIF_1206403_795_2017.pdf [thumbnail of final_B1_09_RAHMAD_NAZIF_1206403_795_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_RAHMAD_NAZIF_1206403_795_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan
Ringan Siswa Kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMKN 1 Padang,
tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Kemandirian Belajar
siswa yang ia miliki merupakan salah satu faktor dari diri siswa yang dapat
mempengaruhi hasil belajarnya. Dengan kemandirian belajar sebagai salah satu
faktor penunjang keberhasilan belajar siswa, maka proses pembelajaran pun
diharapkan akan terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara kemandirian
belajar dengan hasil belajar pada mata diklat pemeliharaan kelistrikan kendaraan
ringan siswa kelas XII program studi teknik otomotif kendaraan ringan di SMK
Negeri 1 Padang.
Penelitian ini bersifat korelasional, yaitu untuk mengetahui ada tidaknya
hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar pada Mata Diklat
Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. Populasi penelitian adalah siswa
kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan yang terdaftar
pada semester Juli-Desember. Sampel penelitian sebanyak 43 siswa yang diambil
berdasarkan rumus Slovin dan Proportional Random Sampling. Data kemandirian
belajar siswa diambil menggunakan angket yang telah dinyatakan valid dan
reliabel dan data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata diklat. Jenis analisis
data penelitian ini yaitu korelasi Pearson Product Moment, untuk menguji
keberartian korelasi r digunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat pencapaian variabel (X) sebesar
70,2% (kategori cukup) dan tingkat pencapaian variabel (Y) sebesar 77,3,%
(kategori cukup). Adanya hubungan yang positif dan signifikan dengan koefisien
korelasi r hitung > r tabel (0,338 > 0,301 dan uji keberartian korelasi didapat t
hitung > t tabel (2,299 > 2,020) pada taraf signifikan 5%. Kekuatan hubungan
kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar pada Mata Diklat Pemeliharaan
Kelistrikan Kendaraan Ringan siswa kelas XII program studi Teknik Otomotif
Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang sebesar 0,338 (r = 0,338) yang mana
tingkat hubungan tersebut tergolong cukup.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMANDIRIAN BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 05:14 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 05:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22566 |