Tanjung, Burhanuddnin Anas (2014) Pengaruh Lebar V-Belt Terhadap konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Yamaha Mio Soul Tahun 2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_BURHANUDDIN_ANAS_TANJUNG_13826_378_2014.pdf [thumbnail of final_B1_9_BURHANUDDIN_ANAS_TANJUNG_13826_378_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_BURHANUDDIN_ANAS_TANJUNG_13826_378_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Sepeda motor merupakan transportasi pribadi yang banyak digunakan masyarakat, terutama motor metik. Sepeda motor metik menggunakan CVT (Continuos Variable Transmission) untuk mentransmisikan tenaga keroda. CVT sendiri memerlukan perawatan berkala agar bekerja secara maksimal, terutama pada V-belt. Kenyataannya masyarakat jarang melakukan perawatan pada CVT terutama V-belt. Padahal V-belt yang aus menyebabkan suara berisik pada CVT, tenaga berkurang, dan lain- lain. Disamping hal tersebut, pengguna motor metik biasanya mengeluhkan bahwa motor metik boros bahan bakar. Ditambah lagi harga bahan bakar semakin mahal. Dalam permasalahan ini diperlukan penelitian untuk mengetahui apakah lebar V-belt mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada sepeda motor.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 30 Desember 2013 dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Mio Soul tahun 2011. Pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan pada putaran 1600 Rpm, 1800 Rpm, 2000 Rpm, 2200 Rpm dan 2400 Rpm dengan tiga variasi lebar V-belt 18,2 mm, 17,7 mm dan 17,2 mm. Pengambilan data penelitian dilakukan tiga kali untuk masing-masing lebar V-belt dan putaran mesin dengan pembebanan yang sama pada roda belakang.
Hasil penelitian Konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha Mio Soul tahun 2011 menunjukan bahwa penggunaan lebar V-belt 17,7 mm meningkatkan konsumsi bahan bakar sebesar 4,76%. Dan lebar V-belt 17,2 mm meningkatkan konsumsi bahan bakar sebesar 7,21%. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung adalah 6,939 dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya diterima dengan taraf signifikan 5%. Hal ini disebabkan V-belt yang aus menyebabkan slip pada CVT sehingga untuk mendapatkan tenaga yang sama dengan V-belt baru, mesin akan berputar lebih dan konsumsi meningkat
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | V-belt, konsumsi bahan bakar, sepeda motor metik, transmisi CVT, penelitian eksperimen. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:54 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22550 |