Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Kopling Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Dhuafa Nusantara Padang

Andika, Ral (2016) Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Kopling Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Dhuafa Nusantara Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_RA_LANDIKA_55662_2016.pdf] Text
final_B1_09_RA_LANDIKA_55662_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sumberdaya Manusia yang berkualitas dibutuhkan untuk menghadapi
perkembangan dan kemajuan teknologi yang ada agar mampu bersaing di era
global. Pendidikan selalu mengalami pembaharuan dalam rangka mencari struktur
kurikulum, sistem pendidikan dan metode pengajaran yang efektif dan efisien.
Pada proses belajar mengajar, hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor.
Factor yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor yang berasal dari luar diri
siswa. Faktor yang berasal dari dalam diri siswa antara lain perhatian, kesehatan,
aktivitas belajar, intelejensi, minat dan motivasi. Faktor yang berasal dari luar diri
siswa antara lain : keadaan keluarga, tempat tinggal, sarana dan prasarana, guru
yang mengajar dan ligkungan sekolah.Aktivitas belajar siswa merupakan hal yang
menunjang dalam usaha peningkatan hasil belajar anak. Kegiatan atau kesibukan
yang dilakukan seseorang dalam belajar akan mempengaruhi hasil belajarnya.
Siswa yang belajar dengan cara menulis, mengerjakan soal, membuat rangkuman
hasilnya akan lebih baik dari pada siswa yang belajarnya hanya mencatat saja
Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Dhufa Nusantara Padang
dengan tektik total sampling yaitu menjadikan seluruh populasi sebagai sampel.
Pengambilan data penulis menggunakan lembar angketyang telah dinyatakan
valid atau reliable untuk mengamati aktivitas belajar siswa dalam proses belajar
mengajar. Sedangkan untuk melihat hasil belajar siswa penulis mengambil nilai
mid semester yang diberikan oleh guru bidang studi sistem kopling.
Dari analisis data hasil penelitian terdapat kontribusi yang positif dan
signifikan antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat
Sistem Kopling SMK Dhufa Nusantara Padang dengan koofisien korelasi r hitung
(0,812) > r tabel (0,334) dan t hitung (7,981) > t tabel (1,695). Dan tingkat hubungan
tersebut tergolong kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar
siswa pada mata diklat Sistem Kopling SMK Dhufa Nusantara Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:25
Last Modified: 25 Aug 2025 03:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22538

Actions (login required)

View Item
View Item