Ustafiano, Bintha (2019) Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Perawatan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_BINTHA_USTAFIANO_179_15073059_2019.pdf [thumbnail of final_B1_9_BINTHA_USTAFIANO_179_15073059_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_BINTHA_USTAFIANO_179_15073059_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap siswa SMK Muhamadiyah 1 yang kurang termotivasi dalam melaksanankan proses pembelajaran perawatan mesn kendaraan ringan dan belum adanya kesiapan siswa untuk mengikuti praktek, dari permasalahan tersebut peneliti tergerak untuk melihat pengaruh dari motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar perawatan mesin kendaraan ringan
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kolerasi. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 60 orang, sedangkan sampel terdiri dari 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase penilaian. Dan uji hipotesis.
Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi siswa (X1) dan kemandirian belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y). Temuan ini diperoleh berdasarkan rangkaian analisis data dapat diketahui bahwa nilai thitung untuk variabel X1 terhadap Y sebesar 2,126 dengan ttabel sebesar 2,048 (dk = n 2=28), karena thitung>ttabel, maka hipotesis pertama pada penelitian ini diterima. Selanjutnya diperoleh nilai thitung untuk variabel X2 terhadap Y sebesar 2,135 dengan ttabel sebesar 2,048 (dk =n-2=28), karena thitung>ttabel, maka hipotesis kedua pada penelitian ini diterima. Serta uji analisis Motivasi siswa (X1) dan kemandirian belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) uji F sebesar 3,009 dengan ttabel 1,882, karena Fhitung>Ftabel maka hipotesis diajukan diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari variabel motivasi dan kemandirian belajar yang berada pada distribusi normal dan linier. Maka dapat diketahui bahwa data yang ditelaah berada pada taraf normal. Berdasarkan koefisien determinasi diperoleh pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel bebas sebesar 96%. Hal tersebut memperkuat uji F yang telah dilakukan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh antara motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Perawatan Mesin Kendaraan di SMK Muhammadiyah 1 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Kemandirian belajar, Perawatan mesin kendaraan ringan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:16 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22536 |