Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Discovery Learning di kelas IV SDN 10 Angge Palimbatan, Kec. Palupuh Kab. Agam

Hidayad, Fajri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Discovery Learning di kelas IV SDN 10 Angge Palimbatan, Kec. Palupuh Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FAJRI_HIDAYAD_56766_516_2016.pdf] Text
final_B1_6_FAJRI_HIDAYAD_56766_516_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian berawal dari kenyataan di lapangan bahwa dalam pembelajaran
IPS di kelas IV SDN 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh Kab. Agam, hasil
belajar IPS rendah, hal ini disebabkan guru belum tepat memilih model
pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan, oleh sebab itu tujuan
penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan
model discovery learning di kelas IV SDN 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh,
Kab. Agam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Proses
penelitian merupakan proses daur ulang/siklus yang dimulai dari aspek
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas IV SDN 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh Kab.
Agam dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan
11 orang siswa perempuan. Alat pengumpulan data adalah observasi, dan tes.
Hasil penelitian rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I
presentase perolehan nilai adalah 76,79% (baik) meningkat pada siklus II
menjadi 96,43% (sangat baik). Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I
presentase perolehan nilai adalah 75,00% (baik) pada siklus II meningkat
menjadi 92,86% (sangat baik). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh
nilai dengan presentase 71,43% (baik) pada siklus II meningkat 89,29% (sangat
baik). Hasil belajar siswa pada siklus I perolehan nilai rata-rata adalah 69,18 dan
pada siklus II meningkat menjadi 84,06. Dengan demikian, model discovery
learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN 10 Angge
Palimbatan, Kec. Palupuh. Kab. Agam

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:15
Last Modified: 25 Aug 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22523

Actions (login required)

View Item
View Item