Zulfadli, Zulfadli (2013) Pengaruh Keaktifan Siswa dalam mengerjakan Tugas Gambar terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Mesin Kelas X-TP SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_ZUL_FADLI_97695_2767_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_ZUL_FADLI_97695_2767_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_ZUL_FADLI_97695_2767_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalammengerjakan tugas gambar tehadap hasil belajar gambar teknik mesin kelas X-TPSMK Negeri 1 Padang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu pengaruhkeaktifan siswa dalam mengerjakan tugas gambar sebagai variabel X dan hasilbelajar gambar teknik mesin sebagai variabel Y. hipotesis yang di ajukan dalampenelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswadalam mengerjakan tugas gambar terhadap hasil belajar gambar teknik mesin dikelas X-TP SMK Negeri 1 Padang.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ExPost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 96 siswa jurusan teknik mesin diSMK Negeri 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Sampel yangdigunakan sebanyak 49 siswa menggunakan rumus Ridwan dengan metoderandom sampling, Pengumpulan data dari responden di lakukan melalui angketpenelitian. Data yang dikumpulkan tersebut lalu dianalisis secara statistic denganteknik korelasi dengan Pengolahan data mengunakan bantuan program Excell danSPSS (Statistic Product Service Solution) versi 17.00.Hasil dari analisis diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dansignifikan antara keaktifan siswa mengerjakan tugas gambar dengan hasil belajargambar teknik mesin siswa kelas X-TP Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Padangyang ditunjukan oleh rhitung = 0,814 > rtabel = 0,282 dan Besarnya sumbangankeaktifan siswa mengerjakan tugas gambar dengan hasil belajar gambar teknikmesin siswa kelas X-TP Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Padang adalah sebesar66,25 % sedangkan 33,75% ditentukan oleh faktor lain,dengan kategoriinterpretasi koefisien korelasi sangat kuat. Dengan demikian, diharapkan kepadaguru untuk lebih meningkatkan suasana yang aktif dalam proses belajar mengajarpada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Siswa, Tugas Gambar, Hasil Belajar, Gambar Teknik Mesin |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:17 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22513 |