Davega, Zilzia Ulmi (2021) Penerapan Bahan Koloid melalui Metode Demonstrasi dengan Pendekatan Chemoenterpreneurship pada Produk “Litao Kobal” untuk Memotivasi Siswa Berwirausaha. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_ZILZIA_ULMI_DAVEGA_17035123_5140_2021.pdf [thumbnail of final_B1_7_ZILZIA_ULMI_DAVEGA_17035123_5140_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_ZILZIA_ULMI_DAVEGA_17035123_5140_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Ilmu kimia dapat dianggap sebagai salah satu cabang ilmu yang dapatmeningkatkan kualitas pendidikan karena dengan mempelajari kimia siswa akanmengetahui apa saja peranan dan aplikasi ilmu kimia dalam kehidupan salah satunyapada materi koloid. Materi koloid ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehariharidan akan diperlukan bagi perkembangan zaman nantinya. Pendekatanchemoenterpreneurship (CEP) dalam pembelajaran koloid dirasa sesuai karenadengan adanya pendekatan ini dapat membuat siswa lebih bersemangat dan aktifdalam belajar serta dapat meningkatkan jiwa berwirausaha. Penelitian terhadappenerapan koloid dalam suatu produk minuman herbal yaitu “Litao Kobal” dilakukanuntuk mengetahui pemahaman siswa pada materi koloid dan untuk mengetahuimotivasi berwirausaha siswa setelah melihat pengolahan produk “Litao Kobal”menggunakan metode demonstrasi.Pengenalan produk minuman herbal Litao Kobal kepada siswa dilakukanmelalui pendekatan chemoenterpreneurship dengan metode pembelajarandemonstrasi yang nantinya akan diperagakan langsung oleh penulis dan selanjutnyaakan diupload ke media sosial youtube agar siswa dapat mengakses video pembuatanproduk secara mudah dan efektif dimanapun dan kapanpun. Nantinya siswa dimintauntuk mengisi angket seputar video yang telah disajikan berguna untuk melihatbagaimana respon siswa terhadap video tersebut.Berdasarkan respon siswa terhadap angket yang dibagikan, didapatkan hasilbahwa siswa lebih menyukai pembelajaran dengan metode demonstrasi berupa videopada materi koloid. Siswa lebih mudah memahami materi pelajaran koloid denganpendekatan Chemoenterpreneurship karena siswa dapat melihat secara nyata prosespembuatan produk “Litao Kobal” yang merupakan salah satu aplikasi koloid dalamkehidupan sehari-hari dan dapat memotivasi siswa bahwa dengan belajar kimiapenerapannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehingga dapat menjadikanseseorang menjadi wirausaha.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chemoentrepreneurship, Koloid, Demonstrasi, Motivasi Berwirausaha |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:17 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22509 |