Yolanda, Yolanda (2019) Hubungan Sibling Relationships dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP N 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_YOLANDA_15011079_ 5476_2019.pdf [thumbnail of final_B1_8_YOLANDA_15011079_ 5476_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_YOLANDA_15011079_ 5476_2019.pdf
Download (533kB)
Abstract
Penelitian ini diawali dengan melihat fenomena prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa-siswi SMP N 1 Bukittinggi yang baik baik dalam bidang akademik maupun dalam bidang non-akademik. Prestasi belajar yang diraih oleh para siswa dan siswi diduga terjadi karena mendapatkan dukungan dari orang- orang terdekatnya, salah satunya adalah saudara kandung. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara sibling relationships dengan prestasi belajar pada siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP N 1 Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan incidental sampling yaitu sebanyak 154 orang. Penelitian ini menggunakan skala sibling relationship yang terdapat 38 butir pernyataan dengan nilai reliabilitas 0,902 dan menggunakan rata-rata nilai rapor pada akhir semester untuk mengetahui prestasi belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara sibling relationships dengan prestasi belajar pada siswa SMP N 1 Bukittinggi dengan nilai koefisienkorelasi (r) sebesar 0,249 dan p=0,002 (p<0,01).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SIBLING RELATIONSHIPS, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:37 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22501 |