Pelaksanaan Pengembangan Diri Randai SMA Negeri 1 Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam

Dona, Fanny Rahma (2014) Pelaksanaan Pengembangan Diri Randai SMA Negeri 1 Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FANNY_RAHMA_DONA_12398_6070_2014.pdf] Text
final_B1_6_FANNY_RAHMA_DONA_12398_6070_2014.pdf

Download (742kB)

Abstract

Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mendeskripsikan
pelaksanaan
pengembangan diri randai SMA Negeri 1 Sungai Pua kecamatan Sungai Pua
kabupaten agam.
Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan tentang pelaksanaan kegiatan
pengembangan diri randai SMA Negeri 1 Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua
Kabupaten agam. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pengembangan
diri seni randai. Instrumen utama adalah penulis sendiri dengan menggunakan
beberapa alat bantu dalam mengumpulkan data dilapangan seperti alat tulis dan
camera digital. Tekhnik mengumpulkan data yang dipakai adalah observasi,
dokumentasi dan studi pustaka.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa sebelum melaksanakan kegiatan
pengembangan diri randai SMA Negeri 1 Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua
Kabupaten Agam. Guru terlebih dahulu membuat rancangan sebagai pedoman
untuk melaksanakan kegiatan pengembangan diri randai dilapangan., rancangan
yang dibuat guru adalah 6 kali pertemuan, semua kegiatan yang akan dilaksanakan
untuk setiap pertemuan sudah tergambar dengan baik, begitu pula dengan
pelaksanaan pengembangan diri randai yang diberikan oleh guru kepada siswa
selama 6 kali pertemuan terlaksana sesuai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
perencanaan yang dilakukan guru pertemuan pertama menyampaikan materi,
pertemuan kedua latihan berdasarkan kelompok masing-masing, pertemuan ke tiga
latihan berdasarkan masing-masing, pertemuan ke empat latihan gabungan
pemeran randai, pertemuan ke lima latihan gabungan pemeran randai dan
pertemuan ke enam evaluasi. Pelaksanaan guru menggunakan metode variasi
seperti metode ceramah, metode latihan, metode tanya jawab, metode demonstrasi,
metode kerja kelompok sehingga memupuk siswa yang kreatif, memupuk siswa
yang kreatif, siswa yang terampil, solidaritas, melatih daya ingat dan melatih
konsentrasi siswa Selesai pelaksanaan guru memberikan evaluasi untuk
menentukan tingkat keberhasilan siswa dengan perencanaan yang diberikan oleh
guru guru serta pelaksanaannya yang sistematis sehingga hasilnya baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:36
Last Modified: 25 Aug 2025 01:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22499

Actions (login required)

View Item
View Item