Nandi, Zefrian Zefi (2019) Implemantasi Aplikasi Edmodo pada Mata Diklat LAFALO. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_ZEFRIAN_ZEFI_NANDI_843_14067080_2019.pdf [thumbnail of final_B1_7_ZEFRIAN_ZEFI_NANDI_843_14067080_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_ZEFRIAN_ZEFI_NANDI_843_14067080_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan data hasil ujian pada mata diklatLAFALO siswa XII TM2 SMK Semen Padang. Hasil pelajaran yang didapatkankulang memuaskan. Dari hasil survey pendahuluan yaitu dengan mewawancaraibeberapa guru yang mengajar pelajaran LAVALO untuk memperoleh gambarandasar tentang penerapan aplikasi Edmodo untuk meningkatkan hasil belajarsiswa. Dari hasil wawancara tersebut, peneliti dapat menggambarkan bahawakebanyakan siswa tidak serius atau banyak yang bermain saat pembelajaranberlangsung jadi cendrung memperoleh nilai rendah.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kealas XII TM2 jurusan TeknikMesin SMK Semen Padang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 16 orangsiswa. Untuk mendapatkan hasil dalam penelitian ini peneliti melakukanberbagai tes yaitu postes dengan tulis tangan dan tes dengan cara onlinemenggunakan aplikasi Edmodo. dimana peneliti mengambil sampel denganjumlah siswa 16 orang, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil ujianyang didapat siwa dengan menggunakan aplikasi dan tulis tangan sehinggapenelitian ini termasuk penelitian perbandingan. Penyusunan instrumen dalambentuk kuis dan tes dilakukan dengan beberapa tahap untuk dapatmembandingkan pembelajaran berbasis teknologi dan pembelajaran seperti biasaditerapkan yaitu metode ceramah.Peneliti melakukan pengumpulan data dari hasil yang didapat dari berbagaihasil ujian yang telah dilakukan selam melaksanakan penelitian. Hasil yang diperoleh selama penelitian yaitu dengan responden terlaksana 73% dan respondentidak terlaksana 27%. Sedangkan dengan hasil yang diperoleh dari postesdilakukan dengan tulus tangan yaitu hasil nilai pertama 66, nilai kedua 73, nilaiketiga 83 dan nilai keempat 90 sedang kan nilai tes yang dilakukan secara onlinemenggunakan aplikasi Edmodo yaitu nilai pertama 69, nilai kedua 77,nilai ketiga89dan nilai ke empat 91. Dengan demikian dari perbandingan yang dilakukanpenggunaan aplikasi berbasis teknologi yaitu aplikasi Edmodo bisameningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edmodo, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Teknologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:35 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22486 |