Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Stoikiometri Kelas X SMA

Azharma, Zefri (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Stoikiometri Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_ZEFRI_AZHARMAN_96943_1405_2013.pdf] Text
final_B1_7_ZEFRI_AZHARMAN_96943_1405_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran yang masih terpusat pada guru, penggunaan pembelajaran konvensional yang didominasi dengan metode ceramah, kurang aktifnya siswa dalam membangun pengetahuannya baik dalam mengemukakan pendapat, maupun dalam mengerjakan soal berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD diharapkan dapat menciptakan proses pembelajaran yang berifat student centered. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa dalam materi stoikiometri di kelas X SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Sampel yang diambil adalah kelas X SMA Negeri 6 Padang tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 9 kelas. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, terpilih kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 sebagai kelas kontrol. Dari hasil tes akhir diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 61,33 dan skor rata-rata kelas kontrol yaitu 47, 19. Dari uji normalitas dan homogenitas kedua sampel, data terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen maka untuk uji hipotesis dilakukan uji-t. Dari analisis data diperoleh thitung = 4,50 , ttabel = 1,67 pada taraf = 0,05. Jadi harga th > tt , maka hipotesis penelitian diterima. Ini berarti hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar siswa tanpa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam materi stoikiometri di kelas X SMAN 6.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:35
Last Modified: 25 Aug 2025 01:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22485

Actions (login required)

View Item
View Item