Legispen, Ayu (2014) Peningkatan Kemampuan Penguasaan Konsep Bilangan Melalui Permainan Pancing Angka di Taman Kanak-kanak Ceria Batu Mengaum Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_AYU_ LEGISPEN_04390_572_2014.pdf [thumbnail of final_B1_9_AYU_ LEGISPEN_04390_572_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_AYU_ LEGISPEN_04390_572_2014.pdf
Download (692kB)
Abstract
Hasil observasi di kelas B1 Taman Kanak-kanak Batu Mengaum menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan konsep bilangan pada anak masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengembangan kemampuan konsep bilangan anak melalui permainan yqang meransang kepada kognitif anak sehingga pembelajaran membosankan bagi anak. Anak hanya bisa menyebutkan angka berurutan tetapi apabila dilihatkan angka sesungguhnya anak tidak dapat menyebutkan, anak tidak memahami konsep bilangan dengan benda atau gambar, masalah tersebut diatasi melalui permainan pancing angka. Tujuan penelitian adalah untuk peningkatan kemampuan penguasaan konsep bilangan anak di TK Ceria Batu Mengaum Sungai Geringging Padang Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Subjek penelitian anak kelas B1 TK Ceria Batu Mengaum Sungai Geringging, tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 10 orang terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan teknik statistik deskriptif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan penguasaan konsep bilangan anak melalui permainan pancing angka, dilihat dari siklus I pada umumnya rata-rata anak masih rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal setelah dilakukan siklus II kemampuan anak meningkat dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Bilangan, Anak Usia Dini, Permainan Pancing Angka, Pembelajaran Kognitif, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 09:19 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 09:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22481 |