Aswati, Aswati (2011) Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Dengan Permainan Gambar Pasangan di TK Asiriyah Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_ASWATI_95767_199_2012.pdf [thumbnail of final_B1_9_ASWATI_95767_199_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_ASWATI_95767_199_2012.pdf
Download (389kB)
Abstract
Kemampuan membaca Anak Usia Dini di TK Asiriyah Kota Pariaman masih rendah karena peserta didik kurang tertarik dengan kegiatan membaca, minimnya kemampuan guru dalam mengelola kegiatan belajar sambil bermain dan metode yang digunakan pendidik kurang bervariasi, media yang digunakan kurang menarik bagi anak, serta guru belum ditemukan strategi yang tepat untuk mengembangkan kemampuan membaca dalam proses pembelajaran.
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang bersifat meningkatkan proses pembelajaran di kelas secara proporsional. Untuk memperoleh data penelitian dilakukan melalui observasi dan wawancara dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam bentuk 2 siklus. Hasil penelitian setiap siklus menunjukkan adanya minat membaca anak usia dini dari siklus 1 yang masih dalam keadaan rendah kemudian dilakukan tindakan pada siklus 2 menunjukan adanya peningkatan
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak. Pada siklus I peningkatan kemampuan membaca anak masih kurang aktif dan dilanjutkan pada siklus II kemampuan membaca anak menjadi lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang positif, sehingga hasil rata-rata melalui permainan dinyatakan adanya peningkatan hasil dari kondisi awal penelitian nilai yang sangat rendah, pada siklus I meningkat menjadi tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi sangat tinggi. Kemampuan membaca anak mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan gambar pasangan meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Asiriyah Kota Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas, Permainan Gambar Pasangan, TK Asiriyah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 08:39 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22470 |