Peningkatan Kreativitas Sains Anak Melalui Bak Pasir di Ratudhatul Athfal Permata BundaKota Solok

Asnovi, Asnovi (2012) Peningkatan Kreativitas Sains Anak Melalui Bak Pasir di Ratudhatul Athfal Permata BundaKota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_ASNOVI_50961_296_2012.pdf] Text
final_B1_9_ASNOVI_50961_296_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum meningkatnya kreativitas sains anak dalam bidang pengembangan kognitif. Pada program pembelajaran Raudhatul Athfal dalam kemampuan (anak tertarik mengenal sains melalui kegiatan bermain pasir, anak dapat menciptakan berbagai bentuk dengan menggunakan pasir, Anak dapat mengenal asal mula sesuatu, mengenal perbedaan kasar-halus, mengisi dan menyebutkan isi wadah (gelas, botol) dengan air dan pasir, mencoba menceritakan tentang apa yang terjadi jika pasir didekatkan dengan magnit) yang belum menurut semestinya dan juga kurang media yang dipergunakan untuk pembelajaran sains, kurangnya kreativitas guru dalam pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk meningkatkan kreativitas sains anak, 2) untuk mengetahui cara yang tepat dalam meningkatkan kreativitas sains anak, 3) untuk guru dapat mengembangkan metode dan alat peraga pembelajaran dengan menggunakan berbagai media guna meningkatkan hasil belajar anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di Raudhatul Athfal Permata Bunda Kota Solok. Dengan meneliti anak kelompok B yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 9 orang anak perempuan 7 orang anak laki-laki, data yang diperoleh dalam penelitian ini di dapat dari hasil observasi/pengamatan dan dokumentasi selama melakukan kegiatan dalam permainan mencetak dengan berbagaimedia yang dianalisis dengan teknik persentase.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II, hasil rata-rata persentase dalam peningkatan kreativitas sains anak melalui bak pasir dapat dilihat pada siklus I masih rendah dan setelah siklus II terjadi peningkatan kreativitas sains anak.
Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dari siklus I sampai siklus II dapat disimpulkan bahwa mencetak dengan berbagai media dapat meningkatkan kreativitas sains anak di Raudhatul Athfal Permata Bunda Kota Solok

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Sains Anak, Pembelajaran Sains, Media Pasir, Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:38
Last Modified: 22 Aug 2025 08:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22460

Actions (login required)

View Item
View Item