Metode Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang

Asnida, Asnida (2014) Metode Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_ASNIDA_96223_2624_2014.pdf] Text
final_B1_9_ASNIDA_96223_2624_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan yang peneliti lakukan di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang, peneliti menemukan dalam proses pembelajaran membaca, metode yang digunakan guru sangat bervariasi dibandingkan di TK lain yang peneliti amati. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana Metode guru dalam mengembangkan kemampuan membaca di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang. Informan penelitian adalah guru B1 dan B3 di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang. Instrument yang dipakai untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil secara umum menunjukkan bahwa Metode guru dalam mengembangkan kemampuan membaca, terlihat dari metode yang digunakan guru disesuai dengan kebutuhan anak, guru menggunakan berbagai metode seperti, metode bercerita, metode bercakap-cakap, domontrasi, metode tanya jawab, dan metode pemberian tugas. Dengan adanya berbagai macam metode tersebut, guru dapat memilih metode apa yang cocok untuk mengembangkan kemampuan membaca anak dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Kemampuan Membaca, Taman Kanak-Kanak, Pendekatan Kualitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:37
Last Modified: 22 Aug 2025 08:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22458

Actions (login required)

View Item
View Item