Penerapan Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam

Hasnah, Nur (2022) Penerapan Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_NUR_HASNAH_17329033_1011_2022.pdf] Text
final_B1_7_NUR_HASNAH_17329033_1011_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikkan terhadap penerapan
metode iqra‟ dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MDA Tarbiyah
Islamiyah 3 Nagari Kayutanam karna penerapan metode iqra‟ dalam pembelajaran
baca tulis Al-Qur‟an telah berhasil dilakukan, terbukti dari beberapa murid
mendapatkan juara lomba Musabaqoh Tilawatil Qur‟an tingkat provinsi, lomba
Kaligrafi tingkat Kabupaten, dan ada dari beberapa alumni yang menjadi
hafidz/hafidzah serta di terima di MTS ternama, pesantren ternama, Universitas
ternama.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: pertama, penerapan metode iqra‟
dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an. Kedua, penerapan metode iqra‟ dalam
pembelajaran menulis Al-Qur‟an. Ketiga, faktor penghambat dan pengdukung
metode iqra‟ dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif serta
menggunakan studi lapangan. Penelitian dilakukan di MDA Tarbiyah Islamiyah 3
Nagari Kayutanam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
wawancara dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, setelah itu digunakan
beberapa teknik untuk menguji keabsahan data diantaranya perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan metode iqra‟
dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari
Kayutanam dilakukan dengan cara berdo‟a, pengambilan absen, menanyakan
kabar, memberi motivasi, apresepsi, membaca huruf hijaiyyah tunggal, huruf
hijaiyyah bersambung, huruf hijaiyyah panjang (mad) dan pendek, kuis, berdo‟a,
bersalaman dan kegiatan evaluasinya dilakukan berupa evaluasi proses. Kedua,
penerapan metode iqra‟ dalam pembelajaran menulis Al-Qur‟an di MDA Tarbiyah
Islamiyah 3 Nagari Kayutanam dilakukan dengan cara berdo‟a, pengambilan
absen, menanyakan kabar, memberi motivasi, apresepsi, huruf hijaiyyah tunggal,
huruf hijaiyyah bersambung, huruf hijaiyyah panjang (mad) dan pendek, kuis,
berdo‟a, bersalaman dan kegiatan evaluasinya dilakukan berupa (proses,
MID,UAS). Ketiga, faktor penghambat metode iqra‟ di MDA Tarbiyah Islamiyah
3 Nagari Kayutanam yaitu murid yang jarang masuk kelas akan ketinggalan
pelajaran dan bahkan lupa dengan huruf-huruf hijaiyyah, faktor pendukung
metode iqra‟ di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam yaitu guru yang
selalu sabar dan istiqamah dalam mengajarkan murid hingga murid benar-benar
mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL IQRA', BACA TULIS AL-QUR'AN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:35
Last Modified: 22 Aug 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22442

Actions (login required)

View Item
View Item