Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Sungai Limau

Nurfazira, Nurfazira (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Sungai Limau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_Nurfazira_16029023_2085_2022.pdf] Text
B1_01_Nurfazira_16029023_2085_2022.pdf

Download (7MB)

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu aspek penting dan harus dicapai
dalam pembelajaran matematika. Namun pada hasil observasi di kelas VIII SMPN
3 Sungai Limau kemampuan komunikasi matematis belum sepenuhnya dikuasai
oleh peserta didik dan belum terfasilitasinya peserta didik untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya
keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, dan peserta didik kesulitan dalam
mengemukakan langkah-langkah penyelesaian dari sebuah masalah. Salah satu
upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi
matematis peserta didik kelas VIII SMPN 3 Sungai Limau setelah diterapkannya
model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan rancangan penelitian
One Shot Case Study Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas
VIII SMPN 3 Sungai Limau tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dari penelitian ini
adalah kelas VIII. 1 SMPN 3 Sungai Limau. Data penelitian ini dikumpulkan
melalui kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis berdasarkan persentase
jumlah peserta didik, rata-rata nilai, serta persentase skor peserta didik per
indikator.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perkembangan
kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 3 Sungai
Limau dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD terukur
dan mengalami peningkatan rata-rata pada beberapa indikator, yaitu indikator
mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan dan menginterpretasikan ideide
matematis
baik
secara
tulisan
maupun
bentuk
visual
lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:35
Last Modified: 22 Aug 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22435

Actions (login required)

View Item
View Item