Pengaruh Penggunaan Tabung Induksi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Yamaha F1ZR

Rachmadhan, Arief (2014) Pengaruh Penggunaan Tabung Induksi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Yamaha F1ZR. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_ARIEF_RACHMADHAN_97743_3789_2014.pdf] Text
final_B1_9_ARIEF_RACHMADHAN_97743_3789_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan jumlah kendaraan mengakibatkan kebutuhan akan bahan bakar meningkat. Peningkatan jumlah ini tidak diiringi dengan jumlah ketersediaan bahan bakar karena bahan bakar minyak merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Tabung Induksi merupakan salah satu alat yang dapat menghemat bahan bakar. Menurut data BP Statistical Review mencatat pada 2013 stok minyak Indonesia tersisa 3,7 Milyar Barel, dengan produksi saat ini antara 840.000 Barel per hari, maka stoknya akan habis dalam jangka waktu 10-11 tahun lagi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan tabung induksi (YEIS) terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha F1ZR.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 18 Juni 2014 di Workshop Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. Penelitian menggunakan Sepeda Motor Yamaha F1ZR. Tabung yang digunakan adalah tabung induksi Barra Racing dengan volume tabung 137,5 cc dan tabung induksi Gas Motor dengan volume tabung 50,03 cc. Pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan 5 variasi putaran mesin yaitu 1500 rpm, 1700 rpm, 1900 rpm, 2100 rpm, dan 2300 rpm yang mana tiap putaran dilakukan pengujian selama 60 menit sebanyak 3 kali pengujian.
Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa penggunaan tabung induksi Barra Racing dengan volume 137,5 cc menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 10,00832%, sedangkan penggunaan tabung induksi Gas Motor dengan volume tabung 53,03 cc dapat menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 15,4216%. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh hasil yang signifikan karena nilai thitung dari setiap t-tes diperoleh hasil besar dari ttabel 2,776. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya diterima dengan taraf signifikan > 5%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tabung Induksi, Konsumsi Bahan Bakar, Sepeda Motor
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 22 Aug 2025 04:30
Last Modified: 22 Aug 2025 04:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22419

Actions (login required)

View Item
View Item