Aisyah, Nur Abi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_NUR_ABI_AISYAH_96291_4134_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_NUR_ABI_AISYAH_96291_4134_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_NUR_ABI_AISYAH_96291_4134_2013.pdf
Download (738kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang peneliti temukan saat melakukan observasi dan
wawancara di Sekolah Dasar Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang pada tanggal 13-14
Februari 2013 di kelas IV terdapat beberapa permasalahan diantaranya guru belum
menghubungkan pembelajaran dengan dunia nyata siswa sehingga siswa tidak dapat
memahami cara penyelesaian penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan
benar akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut
Berbeda Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa hasil
observasi berupa perencanaan, pelaksanaan, serta hasil belajar siswa. Data diperoleh
dari subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV semester II di Sekolah Dasar
Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: perencanaan RPP
memperoleh persentase nilai 85,71 pada siklus I meningkat menjadi 96,43% pada
siklus II, pelaksanaan pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dari
aspek guru 81,25% pada siklus I meningkat menjadi 93,75% pada siklus II, dari
aspek siswa pada siklus I 75% meningkat menjadi 93,75% pada siklus II, hasil belajar
siswa dari ke tiga ranah (kognitif, afektif, psikomotor) pada siklus I 78 meningkat
menjadi 91,49 pada siklus II. Dapat disimpulkan dengan pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan
pecahan berpenyebut berbeda pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Bandar
Buat Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 04:27 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 04:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22402 |