Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon

Elita, Novria (2013) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_NOVRIA_ELITA_12818_5465_2013.pdf] Text
final_B1_7_NOVRIA_ELITA_12818_5465_2013.pdf

Download (688kB)

Abstract

Materi hidrokarbon sebagian besar mempelajari konsep bersifat
teoritis. Agar tujuan pembelajaran tercapai siswa harus mampu menemukan,
memahami dan menghubungkan antar konsep tersebut. Salah satu model
pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari materi
hidrokarbon ini adalah dengan model penbelajaran kooperatif tipe Think
Talk Write (TTW). Think Talk Write memberikan kesempatan kepada siswa
untuk membangun pemikiran, merefleksi, dan mengorganisasi ide, kemudian
menguji ide tersebut sebelum siswa diharapkan untuk menulis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa pada materi
hidrokarbon di kelas X SMAN 2 Sawahlunto. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dengan jenis rancangan penelitian Randomize Control
Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X
SMAN 2 Sawahlunto tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 5 kelas.
Sampel penelitian diambil dari anggota populasi menggunakan teknik
random sampling sehingga diperoleh kelas XA sebagai kelas eksperimen dan
XD sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian
tes di akhir penelitian sebanyak 25 soal objektif. Hasil uji normalitas dan
homogenitas dari kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel
terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Setelah
dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar
59 diperoleh thitung sebesar 3,18 sedangkan ttabel sebesar 2,00, artinya thitung>
ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih
tinggi secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di
SMAN 2 Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: THINK TALK WRITE, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL, HIDROKARBON, HASIL BELAJAR, RANDOMIZE CONTROL GROUP POSTEST ONLY DESIGN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Aug 2025 02:14
Last Modified: 22 Aug 2025 02:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22390

Actions (login required)

View Item
View Item