Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Kelas XI SMA Negeri 3 Padang

Yusrina, Novia (2014) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Kelas XI SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_NOVIA_YUSRINA_54970_5391_2014.pdf] Text
final_B1_7_NOVIA_YUSRINA_54970_5391_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 menuntut proses pembelajaran yang berpusat
pada siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas
belajar siswa adalah melalui strategi pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat
diterapkan dengan penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Penggunaan
LKS berbasis inkuiri terbimbing disusun sesuai dengan tahapan-tahapan strategi
pembelajaran inkuiri terbimbing, yaitu orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep,
aplikasi dan penutup. LKS berbasis inkuiri terbimbing memuat pengetahuan
prasyarat, model berupa gambar, pertanyaan kunci, soal dan latihan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa
Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi Kelarutan
dan Hasil Kali Kelarutan di SMAN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen, dengan rancangan Randomized Control Group Posttest
Only Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI
IPA 2) dan kelas kontrol (XI IPA 5) yang didapatkan melalui teknik cluster
sampling. Berdasarkan hasil tes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen (88,65)
lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (83,50). Analisis data dilakukan dengan
uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung= 2,86 dan ttabel= 1,67. Berdasarkan
analisis terlihat bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan LKS berbasis
Inkuiri Terbimbing lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil
belajar siswa menggunakan LKS yang tidak berbasis Inkuiri Terbimbing pada
materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI SMA Negeri 3 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INKUIRI TERBIMBING (GUINDED INKUIRY), LEMBAR KERJA SISWA (LKS), HASIL BELAJAR, HASIL KALI LARUTAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Aug 2025 01:54
Last Modified: 22 Aug 2025 01:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22384

Actions (login required)

View Item
View Item