Pengembangan Modul Reaksi Oksidasi Reduksi Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi Soal Tipe High Order Thinking Skill (HOTS) untuk Siswa Kelas X SMA/MA

Bahri, Yvonne Rodiana (2020) Pengembangan Modul Reaksi Oksidasi Reduksi Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi Soal Tipe High Order Thinking Skill (HOTS) untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_YVONNE_RODIANA_BAHRI_15035065_397_2020.pdf] Text
final_B1_7_YVONNE_RODIANA_BAHRI_15035065_397_2020.pdf

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kategori kevalidan dankepraktisan modul berbasis inkuiri terbimbing yang dilengkapi soal tipe HOTSpada materi reaksi oksidasi reduksi untuk siswa kelas X SMA/MA. Modelpengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp yangterdiri dari 3 fase yaitu investigasi awal (preliminary research), fasepengembangan prototipe (prototyping phase), dan fase penilaian (assessmentphase). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan momen kappa (k).Modul yang dikembangkan dinilai oleh 5 orang validator yang terdiri dari 2 orangguru kimia dan 3 orang dosen kimia yang telah berpengalaman dan ahlidibidangnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwamodul yang dikembangkan mempunyai kategori kevalidan yang tinggi denganmomen kappa sebesar 0,77 dan kepraktisan modul berdasarkan angketpraktikalitas respon guru sebesar 0,80 dengan kategori tinggi serta kepraktisanmodul berdasarkan angket praktikalitas respon peserta didik sebesar 0,70 dengankategori tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hots, Inkuiri Terbimbing, Modul, Praktikalitas, Validitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 21 Aug 2025 08:46
Last Modified: 21 Aug 2025 08:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22360

Actions (login required)

View Item
View Item