Prasetyo, M.Restu (2021) Pengaruh Variasi Ukuran Gear Ratio Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor Matic. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_M_RESTU_PRASETYO_15073041_885_2021.pdf [thumbnail of final_B1_09_M_RESTU_PRASETYO_15073041_885_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_M_RESTU_PRASETYO_15073041_885_2021.pdf
Download (949kB)
Abstract
Pengguna kendaraan dengan sistem EFI sedikit mengalami kesulitan dalam hal meningkatkan performa sepedamotornya dari keadaan standar, salah satu nya motor Yamaha Nmax 155. Performa yang diberikan oleh sepeda motor matic ini dianggap kurang bertenaga. Pengguna sepeda motor matic terdapat
beberapa keluhan yang di rasakan, hal yang dominan menjadi keluhan ialah performa motor matic yang kurang responsive.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan
peningkatan performa motot matic tanpa harus melakukan perombakan sector mesin pada motor matic, yaitu dengan cara menggunakan gear ratio pada transmisi. Penelitian eksperimen sering kita gunakan untuk mencari tahu pengaruh
antar variabel yang ada serta menguji hipotesis. Pengaruh yang terjadi setelah dilakukan penggantian ukuran gear ratio pada sepeda motor diantaranya yaitu terjadinya peningkatan daya dan torsi pada sepeda motor. Pada perlakuan penggunaan Gear Ratio (12Tx33T) dengan torsi dan daya yang dihasilkan dengan torsi 14,07 hp dan daya 13,29 N.m dengan
persentasi penurunan cukup signifikan jika dibandingkan dengan torsi dan daya yang dihasilkan oleh gear ratio 12Tx35T. Sedangkan pada gear ratio ukuran 12Tx34T juga mengalami peningkatan torsi yaitu 13,96 dan peningkatan pada
daya yaitu 13,29 dibandingkan dengan gear ratio ukuran standar (12Tx35T).` Setelah melalui uji banding menggunakan uji T dengan taraf signifikan 5% dapat dikatakan kenaikan torsi dan daya pada perlakuan menggunakan gear ratio standar (12Tx35) kurang signifikan, sedangkan pada gear ratio ukuran 12Tx34T kenaikan torsi nya tidak signifikan, mengalami
penurunan torsi yang tidak siginifikan. Berbanding terbalik dari pengujian ratarata daya dan torsi pada Gear Ratio
ukuran 12Tx33T.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 08:29 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 08:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22354 |