Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP di Kota Padang dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson

Andiana, Novia (2020) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP di Kota Padang dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_NOVIA_ANDIANA_1201239_3045_2021.pdf] Text
B1_01_NOVIA_ANDIANA_1201239_3045_2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dalam pembelajaran
matematika adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita. Namun, siswa
mengalami kesulitan dalam memahami soal matematika berbentuk cerita sehingga
perlu diadakan suatu penelitian untuk mengungkap jenis kesalahan yang
dilakukan siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam
mengerjakan soal aplikasi pola bilangan dengan kriteria Watson.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan
kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII berjumlah 21 siswa.
Instrumen penelitian berupa soal tes matematika tentang pola bilangan dan
pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data yang
digunakan adalah triangulasi teknik.
Setelah dilakukan penelitian, siswa dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu
3 siswa kelompok atas, 17 siswa kelompok sedang, dan 1 siswa termasuk
kelompok rendah. Jenis kesalahan yang diakukan siswa adalah data tidak tepat
dengan persentase 7,15%, prosedur tidak tepat dengan persentase 26,99%, data
hilang dengan persentase 0,79%, manipulasi tidak langsung dengan persentase
3,17%, masalah hierarki keterampilan dengan persentase 4,76%, kesimpulan
hilang dengan persentase 34,13%, dan selain tujuh kesalahan dengan persentase
23,01%. Penyebab kesalahan ini antara lain siswa tidak bisa mengabstraksi data
pada soal, siswa menggunakan rumus yang tidak tepat karena tidak teliti dalam
membaca soal, kurang menguasai konsep pola bilangan, siswa lupa membuat
kesimpulan karena menganggap bahwa akhir penyelesaian pada soal cerita tidak
membutuhkan kesimpulan, kurangnya keterampilan siswa mengenai aljabar dan
operasi perhitungan bilangan bulat, siswa tidak memahami maksud soal sehingga
menyebabkan kegagalan dalam menjawab soal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 21 Aug 2025 08:29
Last Modified: 21 Aug 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item
View Item