Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Kata bergambar di Taman Kanak- kanak Bina Ummat Kapujan Kabupaten Pesisir Selatan

Yusnita, Yusnita (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Kata bergambar di Taman Kanak- kanak Bina Ummat Kapujan Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_YUSNITA_1110613_4074_2014.pdf] Text
final_B1_7_YUSNITA_1110613_4074_2014.pdf

Download (400kB)

Abstract

Kemampuan membaca anak masih rendah, hal ini terlihat anak masih sulitdalam Mengenal symbol huruf vokal dan huruf lainnya. Tujuan penelitian ini adalahuntuk meningkatkan pengembangan kemampuan membaca melalui kata bergambar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sabjek penelitiananak TK Bina Ummat Kapujan Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 13 oranganak pada tahun 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisismenggunakan rumus persentase. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusdilakukan 3 pertemuan.Hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan membaca anak pada kondisiawal kurang baik, kemampuan tersebut mulai meningkat menjadi cukup pada siklusI melalui kata bergambar, dan pada siklus II meningkat menjadi baik, dimanaterdapat peningkatan kemampuan membaca anak. Artinya media kata bergambarterbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Bina UmmatKapujan Kabupaten Pesisir selatan. Dengan demikian berdasarkan hasil tindakanyang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa media kata bergambar dapatmeningkatkan kemampuan membaca anak di kelompok B di Taman Kanak- kanakBina Ummat Kapujan Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Kata Bergambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 21 Aug 2025 08:28
Last Modified: 21 Aug 2025 08:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22347

Actions (login required)

View Item
View Item