Andeka, Andeka (2015) Pengaruh Pemakaian Extra Power Pada Saluran Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Karbonmonoksida (CO ) Pada Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty CW Tahun 2009. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_ANDEKA_2497_2015 .pdf [thumbnail of final_B1_9_ANDEKA_2497_2015 .pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_ANDEKA_2497_2015 .pdf
Download (1MB)
Abstract
Teknologi otomotif memberikan dampak positif dalam kehidupan manusia. Selain dampak positif, perkembangan teknologi ini juga bisa memberikan dampak negatif yang cukup serius, diantaranya kemacetan lalu lintas, pencemaran udara dan meningkatnya jumlah konsumsi bahan bakar. Perkembangan teknologi khususnya dalam dunia otomotif telah memberikan sarana yang mendukung serta kebebasan bagi konsumen untuk memilih produk produk teknologi yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu cara yang cukup banyak diterapkan adalah dengan menambahkan Extra Power pada saluran bahan bakar guna mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi gas buang CO. Extra Power pada sepeda motor berfungsi sebagai pemecah hidrokarbon bensin didalam saluran bahan bakar yang akan dialirkan ke karburator. Extra Power merupakan alat yang dapat merubah struktur molekul bahan bakar menjadi ion-ion sehingga membuat bahan bakar menyerap oksigen lebih sempurna dan membentuk campuran homogen serta menurunkan konsumsi bahan bakar dan kandungan emisi gas buang karbonmonoksida (CO). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat konsumsi bahan bakar dan kandungan emisi gas buang karbonmonoksida dan pengaruh penggunaan Extra Power terhadap konsumsi bahan bakar dan kandungan emisi gas buang karbonmonoksida (CO) sepeda motor Yamaha Mio Sporty CW tahun 2009.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pennelitian ini dilakukan pada tanggal 02 Februari 2015 dengan menggunakan Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty CW Tahun 2009. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO dilakukan pada putaran 1400 Rpm, 2500 dan putaran 3500 Rpm. Dengan menggunakan Extra Power dan tanpa Extra Power. Pengambilan data dilakukan 3 kali pada setiap putaran.
Dari hasil penelitian menggunakan Extra Power menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan: (a). Konsumsi bahan bakar. Pada putaran 1400 terjadi penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 12,4 %. Pada putaran 2500 terjadi penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 6,6 %. Pada putaran 3500 juga terjadi penurunan sebesar 4,4 %. (b). Emisi gas buang CO. Pada putaran 1400 RPM trejadi peningkatan sebesar -0,91 %. Pada putaran 2500 RPM terjadi penurunan karbonmonoksida sebesar 84,31 % dan pada putaran 3500 RPM terjadi penurunan karbonmonoksida (CO) sebesar 29,72 %. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dituliskan maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima yaitu “terdapat pengaruh yang signifikan dari pemakaian Extra Power pada saluran bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar dan kandungan emisi gas buang karbonmonoksida (CO) pada sepeda Yamaha Mio Sporty CW 2009
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Extra Power, konsumsi bahan bakar, emisi karbonmonoksida, sepeda motor, teknologi otomotif. |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:32 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22291 |