Kompetensi Keprofesionalan Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 2 Padang.

Wulan, Novia Biduri (2015) Kompetensi Keprofesionalan Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_NOVIA_BIDURI_WULAN_1105778_418_2016 mslh.pdf] Text
final_B1_7_NOVIA_BIDURI_WULAN_1105778_418_2016 mslh.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya peranan guru pembelajaran
membaca. Hal itu terlihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang
dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru
di taman kanak-kanak Bhayangkari 2 Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 2 Padang.
Informan/responden dalam penelitian ini adalah guru di Taman Kanak-kanak
Bhayangkari 2 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dideskripsikan sesuai dengan realitanya dan apa adanya. Analisis data dalam
penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata, dan teknik
pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru dalam
mengembangkan kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 2
Padang sudah terlaksana. Peranan guru dalam merencanakan pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi sudah sesuai dengan yang
diharapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:32
Last Modified: 21 Aug 2025 04:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22286

Actions (login required)

View Item
View Item