Pemetaan Level Literasi Kimia Peserta Didik di SMAN 1 Lubuk Basung pada Materi Termokimia dengan Model Rasch

Anggraini, Novia (2021) Pemetaan Level Literasi Kimia Peserta Didik di SMAN 1 Lubuk Basung pada Materi Termokimia dengan Model Rasch. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_NOVIA_ANGGRAINI_17035031_6066_2021.pdf] Text
final_B1_7_NOVIA_ANGGRAINI_17035031_6066_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil evaluasi kelas XI MIPA di SMAN 1 Lubuk Basung pada materi
termokimia yaitu terdapat 50% dari total 150 orang peserta didik belum mencapai
KKM. Guru mata pelajaran kimia belum mengetahui penyebab rendahnya hasil
evaluasi peserta didik pada materi termokimia. Salah satu cara untuk mengetahui
level pemahaman peserta didik adalah dengan melakukan proses pengukuran
berupa tes literasi kimia. Instrumen soal berbasis literasi kimia pada materi
termokimia ini telah dikembangkan sebelumnya dengan mengadaptasi rubrik
penilaian literasi sains dan aspek literasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pemetaan level literasi kimia peserta di SMAN 1 Lubuk Basung pada
materi Termokimia menggunakan model Rasch.
Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Lubuk
Basung TA 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling
sebanyak 50 orang peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Lubuk Basung TA
2021/2022. Instrumen penelitian berupa 13 butir wacana soal uraian termokimia
berbasis literasi kimia. Data yang diperoleh dianalisis dengan model Rasch.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pemetaan level literasi kimia
peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Lubuk Basung pada materi termokimia
menggunakan model Rasch yaitu sebanyak 42% peserta didik berada pada level
functional scientific literacy, sebanyak 34% peserta didik berada pada level nominal
scientific literacy, dan sebanyak 20% peserta didik berada pada level conceptual
scientific literacy. Dapat disimpulkan temuan dari penelitian ini sebagian besar
peserta didik berada pada level functional scientific literacy, sedangkan tidak ada
peserta didik yang berada pada level scientific illiteracy dan multidimentional
scientific literacy.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LITERASI KIMIA, MODEL RASCH, TERMOKIMIA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:32
Last Modified: 21 Aug 2025 04:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22282

Actions (login required)

View Item
View Item