Hubungan Persepsi Siswa tentang Fasilitas Bengkel Body Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Memperbaiki Panel-panel Bodi Kelas XI Teknik Bodi Otomotif Tahun Ajaran 2011/2012 SMK Negeri 2 Solok

Fadhil, Fadhil (2012) Hubungan Persepsi Siswa tentang Fasilitas Bengkel Body Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Memperbaiki Panel-panel Bodi Kelas XI Teknik Bodi Otomotif Tahun Ajaran 2011/2012 SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_FADHIL_85230_2591_2013.pdf] Text
final_B1_10_FADHIL_85230_2591_2013.pdf

Download (774kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat
melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 2 Solok.
Rendahnya hasil belajar pada mata diklat memperbaiki panel-panel bodi siswa
kelas XI Teknik Bodi Otomotif SMK Negeri 2 Solok, tidak terlepas dari beberapa
faktor yang mempengaruhinya. Ketersediaan fasilitas bengkel akan menimbulkan
berbagai persepsi oleh siswa. Persepsi siswa tentang fasilitas bengkel body
otomotif tersebut adalah salah satu faktor dari diri siswa yang dapat
mempengaruhi sikap dan minat dalam mengikuti pelajaran. Fasilitas bengkel
praktik yang lengkap akan memperlancar proses belajar praktikum dan
menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh
persepsi siswa tentang fasilitas bengkel praktik dan seberapa kuat hubungannya
terhadap hasil belajar maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun hipotesis yang
diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan persepsi siswa tentang
fasilitas bengkel body otomotif dengan hasil belajar siswa pada mata diklat
memperbaiki panel-panel bodi kelas XI Teknik Bodi Otomotif tahun ajaran
2011/2012 SMK Negeri 2 Solok”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang fasilitas bengkel
body otomotif dengan hasil belajar siswa pada mata diklat memperbaiki panelpanel
bodi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik
Bodi Otomotif SMK Negeri 2 Solok yang berjumlah 21 orang. Sampel dalam
penelitian ini diambilkan dari seluruh jumlah populasi sebanyak 21 orang. Data
persepsi siswa tentang fasilitas bengkel body otomotif diperoleh dari penyebaran
angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan
reliabel. Sedangkan data hasil belajar mata diklat memperbaiki panel-panel bodi
diperoleh dari nilai rapor mid semester ganjil TA 2011-2012. Jenis analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson
Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat
di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian
dapat digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel
(0,90 > 0,43) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (9,10 >
1,72) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang
fasilitas bengkel body otomotif dengan hasil belajar siswa pada mata diklat
memperbaiki panel-panel bodi kelas XI Teknik Bodi Otomotif tahun ajaran
2011/2012 SMK Negeri 2 Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:31
Last Modified: 21 Aug 2025 04:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22280

Actions (login required)

View Item
View Item