Pengaruh Penggunaan Kertas Kokoru terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Taman Kanak-kanak Karya Padang

Arizona, Yurike Fransiska (2015) Pengaruh Penggunaan Kertas Kokoru terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Taman Kanak-kanak Karya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_YURIKE_FRANSISKA_ARIZONA_1100773_1071_2015.pdf] Text
final_B1_7_YURIKE_FRANSISKA_ARIZONA_1100773_1071_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa anak-anak kurang memilikiimajinasi dan ide-ide kreatif dalam membentuk dan menciptakan karya. Metodeserta bahan-bahan yang digunakan dalam mengembangkan kreativitas anakkurang variatif dan membosankan. Penelitian bertujuan untuk mengetahuiseberapa besar pengaruh penggunaan kertas Kokoru terhadap perkembangankreativitas anak di TK Karya Padang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasyeksperimen. Populasi penelitian adalah TK Karya Padang, dan teknikpengambilan sampelnya Cluster sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B2masing-masingnya berjumlah 18 orang anak. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alatpengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah denganuji perbedaan (t-test).Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompokeksperimen adalah 87,8 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 68,9.Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttabel menunjukkanbahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kertas kokoru memberi pengaruhyang signifikan terhadap perkembangan kreativitas anak di TK Karya Padangtahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Anak, Kertas Kokoru, Quasy Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:30
Last Modified: 21 Aug 2025 04:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22265

Actions (login required)

View Item
View Item