Welly, Yunita Permata (2014) Peningkatan Perkembangan Moral Anak Usia Dini melalui Cerita Boneka di Taman Kanak-kanak Ma’arif Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YUNITA_PERMATA_WELLY_1109574_493_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_YUNITA_PERMATA_WELLY_1109574_493_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YUNITA_PERMATA_WELLY_1109574_493_2014.pdf
Download (450kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah Perilaku anak yang tidak maumendengarkan dan memperhatikan guru ketika berbicara, kurangnya sikap anakdalam menunjukkan perbuatan-perbuatan yang benar dan salah. Hal inidikarenakan pembelajaran yang diberikan guru kurang manarik dan kurangnyametode guru dalam mengembangkan nilai-nilai moral anak sehingga moral anakkurang berkembang secara optimal. Salah satu upaya meningkatkanperkembangan moral anak adalah melalui cerita dengan boneka. Adapun tujuandari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan moral anak melaluicerita boneka tangan.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjekpenelitian kelompok B1 TK Ma’arif Padang panjang dengan jumlah anak 18orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, pada masing-masing siklusdilakukan 3 kali pertemuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi,dokumentasi diolah melalui teknik persentase.Berdasarkan hasil penelitian ini setiap siklus menunjukkan peningkatanperkembangan moral pada siklus I masih rendah, sedangkan pada siklus IImengalami peningkatan dengan keberhasilan melebihi Kriteria KetuntasanMaksimal (KKM) yaitu 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan melalui ceritadengan boneka dapat meningkatan perkembangan moral anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Moral, Cerita, Boneka Tangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:49 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22249 |