Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang.

Yusni, Nova Suntia (2015) Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_NOVA_SUNTIA_YUSNI_1100798_333_2015.pdf] Text
final_B1_7_NOVA_SUNTIA_YUSNI_1100798_333_2015.pdf

Download (734kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Darul Falah
Lubuk Buaya Padang, bahwa kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk
mengembangkan kreativitas seni anak masih sedikit dan kurang bervariasi seperti
mewarnai majalah-majalah yang sudah ada. Selain itu guru masih menggunakan
kegiatan menggambar bebas. Akibatnya, berdampak terhadap perkembangan
kreativitas seni anak yang masih kurang. Oleh karena itu, penggunaan kegiatan
Finger Painting ini diduga berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas seni
anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan
kegiatan Finger Painting terhadap perkembangan kreativitas seni anak di TK
Darul Falah Lubuk Buaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy
eksperimen. Populasi penelitian adalah TK Darul Falah Lubuk Buaya Padang,
berjumlah 72 orang anak terbagi dalam 4 kelompok belajar dan teknik
pengambilan sampelnya sampling purposive, yaitu kelompok B4 dan kelompok
B3 masing-masingnya mempunyai jumlah anak yang sama dan kemampuan yang
sama. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 7
butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan.
Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok
eksperimen adalah 84,875 dan SD sebesar 6,55 sedangkan pada kelompok kontrol
adalah 75,625 dan SD sebesar 2,21. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung
sebesar 4,30 dan ttabel sebesar 2,024 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 30. Hasil
penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan kegiatan
finger painting memiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak
pada kelas kontrol yang menggunakan kegiatan menggambar bebas. Berdasarkan
perhitungan t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttabel menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan finger painting memberi pengaruh yang
signifikan terhadap perkembangan kreativitas seni anak di TK Darul Falah Lubuk
Buaya Padang tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Aug 2025 01:48
Last Modified: 21 Aug 2025 01:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22244

Actions (login required)

View Item
View Item