Yuniarti, Yuniarti (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Memanah Kata di TK Kartika 1-8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YUNIARTI_93960_126_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_YUNIARTI_93960_126_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YUNIARTI_93960_126_2012.pdf
Download (316kB)
Abstract
Kemampuan membaca anak merupakan suatu kesanggupan seseoranguntuk menelusuri, memahami, berfikir, dan memperoleh suatu ilmu pengetahuan.Keterampilan membaca sangat baik di kembangkan pada anak Usia Dini yangpaling baik berkembang adalah pada usia 4 tahun pertama. Guru sangat memilikiperanan penting dalam menyediakan pengalaman belajar seluas-luasnya bagianak. Oleh sebab itu pemilihan metode dan media pembelajaran sangat diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan dan minat anak. Salah satunya adalahmetode bermain dalam mengenalkan keterampilan membaca yang dikenalkanketerampilan membaca melalui permainan memanah kata mengunakan kartu katabergambar. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah peningkatankemampuan membaca anak melalui permainan memanah kata yang menggunakankartu bergambar, serta kata bergambar pada TK Kartika 1-8 PadangJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjekpenelitian murid TK Kartika 1-8 Padang pada kelompok B2. Dengan jumlahmurid 15 orang. 6 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Pada tahunajaran 2011/ 2012.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dansiklus II. Kemampuan membaca anak pada Siklus I umumnya rendah, hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Siklus I belum mencapai kriteriaketuntasan minimal, indikator yang belum tercapai adalah kemampuanmenyebutkan huruf yang ada pada kartu bergambar, Membaca kata pada gambar,menghubungkan gambar dengan kata , Meniru 4-5 urutan kata, Mengelompokkankata-kata yang sejenis. Berdasarkan hasil analisa, maka rencana pada Siklus IIdirevisi kembali, dan pada Siklus II kemampuan membaca anak menjadimeningkat. Hasil persentase nilai anak menunjukkan bahwa Kriteria KetuntasanMinimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca anak melalui Permainan Memanahkata di TK Kartika 1-8 Padang meningkat, dan permainan Memanah kata dapatdijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca Anak UsiaDini 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca, Permainan Memanah Kata |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:48 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22243 |