Nurhasanah, Nurhasanah (2017) Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kepingan CD di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 2 Parak Pisang Padang Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kepingan CD di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 2 Parak Pisang Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_NURHASANAH_15022151_5619_2017.pdf [thumbnail of final_B1_07_NURHASANAH_15022151_5619_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_NURHASANAH_15022151_5619_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan kepingan CD yang dilatar belakangi oleh belum berkembangnya kemampuan berhitung anak dalam menyebutkan bilangan, menyusun urutan dan mencocokkan bilangan dengan jumlahnya dengan benda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian anak usia dini kelompok B berjumlah 15 orang anak terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi dan hasil penilaian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pengaruh peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan kepingan CD nilai berkembang sesuai harapan (BSH) persentase rata-ratanya belum mencapai KKM maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berhitung nilai berkembang sangat baik (BSB) telah mencapai KKM. Dapat disimpulkan bahwa permainan kepingan CD dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini kelompok B3 di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 2 Parak Pisang Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Berhitung, Anak, Permainan, Kepingan CD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 09:19 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 09:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22231 |