Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Materi Alkanal dan Alkanon

Hayati, Nur Ulfa (2018) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Materi Alkanal dan Alkanon. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_NUR_ULFA_HAYATI_1205699_1570_2018.pdf] Text
final_B1_07_NUR_ULFA_HAYATI_1205699_1570_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan bahan ajar berupa buku teks yang masih bersifat verbalistis, serta model yang digunakan kurang menarik bagi siswa dan belum mampu menuntun siswa untuk menemukan konsep secara mandiri pada materi yang dipelajari khususnya alkanal dan alkanon. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk materi alkanal dan alkanon, serta mengungkapkan kategori validitas dan praktikalitas dari LKS tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D), dengan menggunakan model penelitian 4-D (define, design, develop, disseminate). LKS alkanal dan alkanon berbasis inkuiri terbimbing divalidasi oleh 6 orang validator, terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 3 orang guru MAN 2 Padang, dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia MAN 2 Padang dan 20 orang maha siswa kimia FMIPA UNP tahun masuk 2017, dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket respon guru dan maha siswa. Hasil analisis lembar validitas, praktikalitas guru dan maha siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0,83, 0,80, dan 0,92.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS, Inkuiri Terbimbing, Alkanal dan Alkanon
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 20 Aug 2025 09:18
Last Modified: 20 Aug 2025 09:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22220

Actions (login required)

View Item
View Item