Analisis Kesalahan Penggunaan Joshi Ni dan De sebagai Penanda Tempat pada Tes Bunpou Mahasiswa Tahun Masuk 2015 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang

Yulianti., Dina (2017) Analisis Kesalahan Penggunaan Joshi Ni dan De sebagai Penanda Tempat pada Tes Bunpou Mahasiswa Tahun Masuk 2015 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_DINA_YULIANTI_1208939_1484_2017.pdf] Text
final_B1_10_DINA_YULIANTI_1208939_1484_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak kesalahan yang dilakukan
mahasiswa tahun masuk 2014 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Padang dalam menggunakan joshi ni dan de sebagai penanda
tempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, jenis dan penyebab
kesalahan pengunaan joshi ni dan de sebagai penanda tempat. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Populasi
penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2015 Program Studi Pendidikan
Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Sampelnya diambil dari tes bunpou
mahasiswa tahun masuk 2015 sebanyak 36 orang mahasiswa yang tergabung
dalam satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, bentuk
kesalahan sintaksis joshi de adalah 50,92%. Kedua, jenis kesalahan lapses joshi de
adalah 15,27%. Mistake joshi ni adalah 42,70%. Ketiga, penyebab generalisasi
joshi de adalah 22,22%. Penyebab kompetensi joshi ni adalah 42,70%. Penyebab
performansi joshi de adalah 15,27%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Joshi Ni, Joshi De
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 20 Aug 2025 08:02
Last Modified: 20 Aug 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22207

Actions (login required)

View Item
View Item