Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar dengan Menggunakan Macromedia Flash Player pada Standar Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponennya (Penelitian Tindakan Kelas di SMK Tamansiswa Padang Kelas XI Otomotif 2 Tahun Pelajaran 2011/2012)

Hidayat, Ahmad (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar dengan Menggunakan Macromedia Flash Player pada Standar Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponennya (Penelitian Tindakan Kelas di SMK Tamansiswa Padang Kelas XI Otomotif 2 Tahun Pelajaran 2011/2012). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_AHMAD_HIDAYAT_57590_2011.pdf] Text
final_B1_9_AHMAD_HIDAYAT_57590_2011.pdf

Download (502kB)

Abstract

Aktivitas belajar siswa merupakan faktor dalam keberhasilan belajar siswa. Hasil belajar siswa SMK Tamansiswa Padang pada standar kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponen-komponennya dua tahun terakhir yaitu tahun pelajaran 2009/2010 dan 2010/2011 hasil belajar siswa jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ketuntasan secara klasikal. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar dengan tujuan meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan media Macromedia Flash Player pada standar kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponen-komponennya pada siswa kelas XI SMK Tamansiswa Padang tahun pelajaran 2011/2012.
Dalam penelitian ini dapat dilihat terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa memperhatikan guru memberikan apersepsi dari 58% pada siklus I menjadi 72% pada siklus II dan 90% pada siklus III, siswa berani mengemukakan pendapat 25% pada siklus I, 22% siklus II meningkat menjadi 46% pada siklus III, memperhatikan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran siklus I 62% menjadi 74% pada siklus II dan meningkat menjadi 84% pada siklus III, terjadi penurunan siswa keluar waktu guru menjelaskan materi pelajaran dari 33% siklus I menjadi 20% siklus II dan 18% pada siklus III. Siswa menjawab soal tepat waktu 27% pada siklus I, menjadi 45% siklus II, dan 64% siklus III, begitu juga dengan soal dapat dijawab dengan benar 23% siklus I, 37% siklus II, dan 78% siklus III, dan siswa membuat kesimpulan pelajaran dari 14% pada siklus I menjadi 47% siklus II, dan menjadi 68% siklus III. Seiring dengan menigkatnya aktivitas belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat pada ulangan harian setiap siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I 33% yang tuntas meningkat menjadi 64% pada siklus II dan 84% pada siklus III.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Macromedia Flash Player pada standar kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponen-komponenya dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa SMK Tamansiswa Padang kelas XI, hal ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa pada siklus I siklus II dan siklus III

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Macromedia Flash Player, hasil belajar, SMK Tamansiswa, pembelajaran otomotif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 20 Aug 2025 08:01
Last Modified: 20 Aug 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22200

Actions (login required)

View Item
View Item